Pergantian Kepala SK Migas Sempat Terbaca dari Humas SK Migas
Rudi Rubiandini (Foto: Ain/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Pernyataan Menteri ESDM Jero Wacik yang akan mengganti SKSP Migas (Kepala Satuan Kerja Sementara Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi) dengan SKK Migas (Satuan Kerja Khusus) 3 hari lalu tepatnya pada Selasa (8/1/2013) akhirnya terjawab sudah dengan digantinya SKSP Migas atau biasa disebut SK Migas menjadi SKK Migas yang diketuai langsung oleh Wamen ESDM Rudi Rubiandini, penunjukan ini sendiri dilakukan oleh Presiden SBY sekaligus menunjuk langsung pengganti Rudi yaitu Susilo Siswoutomo.

"Dari sekian banyak calon dengan fit and proper test yang kami jalankan. Saya menetapkan Profesor DR Rudi Rubiandini sebagai Kepala SKK Migas. Yang bersangkutan pernah duduk di BP Migas 3 tahun. Sudah memahami gambaran tugas dan kewajibannya. Dan tantangan yang dihadapi sebagai Kepala SKK Migas. Saya mengangkat Susilo Siswoutomo menjadi Wakil Menteri ESDM. Beliau staf khusus Menteri ESDM dan punya pengalaman dalam pengusahaan sektor migas," papar SBY dalam pidatonya di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/1/2013).

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas, Sekuriti, dan Formalitas SKSP Migas, Hadi Prasetyo mengatakan ketika dikonfirmasi rencana penggantian Kepala SKSP Migas mengaku tidak tahu menahu. Posisi SK Migas saat ini mengikuti saja sebagai pelaksana yang tinggal menjalankan perintah.

Namun dasarnya kepala SK Migas tidak boleh dirangkap oleh menteri ESDM, dan ini harus diatur lagi mengingat UU Migas juga belum terbit dari revisi di DPR RI. Maka yang mengatur sementara ini Presiden melalui Perpres atau Perpu yang juga masih belum ia ketahui.

"SK Migas ngikut aja lah, statement Pak Wacik kemarin supaya ini tidak rancu. Tidak boleh dirangkap, nanti dari Presiden bentuknya apa saya tidak tahu juga, untuk sementara sambil menunggu disahkan UU," tuturnya Kamis (10/1/2013) kemarin sore pada Seruu.com.

Lebih lanjut Hadi mengatakan jika nanti SK Migas mempunyai Kepala baru tidak dirangkap oleh Menteri ESDM tetap pengendalinya pada ESDM, karena UU Migas belum ada dan  baru nanti dibentuk badan, "Lembaga atau satuan kerja yang permanen namanya apa bentuknya seperti apa kami tidak tahu kembali lagi kewenangan ada di Pemerintah dengan DPR".[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU