Iran Menemukan Tambang Minyak dan Gas Dekat Perbatasan
Rostam Qasemi (Istimewa)
"studi baru dan kegiatan eksplorasi di Iran mengindikasikan penemuan cadangan minyak dan gas di daerah yang berbatasan dengan Turkmenistan dan Irak," Rostam Qasemi

Jakarta, Seruu.com - Menteri Perminyakan Iran Rostam Qasemi mengatakan bahwa cadangan minyak dan gas yang besar telah ditemukan di timur laut dan barat perbatasan negara itu dengan Turkmenistan dan Irak, Press TV melaporkan pada Selasa(22/1/13).

Qasemi mengatakan bahwa "studi baru dan kegiatan eksplorasi di Iran mengindikasikan penemuan cadangan minyak dan gas di daerah yang berbatasan dengan Turkmenistan dan Irak," menurut laporan tersebut.

Volume yang tepat dari cadangan tersebut memerlukan studi seismik lebih lanjut dan pengeboran sumur baru, kata dia.

Pada Minggu, harian Teheran Times, mengutip Direktur Pelaksana Central Oilfields Company, Iran, Mehdi Fakour, yang mengatakan bahwa Iran baru-baru ini menemukan ladang gas alam di timur laut negara itu.

Studi eksplorasi ladang gas yang baru ditemukan akan dilanjutkan sampai September 2013, ia mengatakan.

Menurut Teheran Times, Kementerian Minyak Iran pada Desember 2012 mengumumkan bahwa cadangan minyak mentah dan gas alam terbukti negara itu bernilai sekitar 37 triliun dolar AS.

Cadangan tersebut meliputi 100 miliar barel minyak mentah, 94 miliar barel kondensat dan 207 miliar barel setara gas alam., demikian Xinhua.[Ant/Wr]

KOMENTAR SERUU