Lembaga Pengganti BP Migas Harus Punya Payung Hukum Sendiri
Faisal Basri saat memberikan keterangan kepada wartawan di ruang rapat Komisi VII DPR RI, Jakarta, Rabu (23/1/2013) (foto: Ain/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Badan Pengganti BP Migas yang kini diduduki oleh Satuan Kerja Khusus Migas dan dikepalai Rudi Rubiandini memang bersifat sementara hingga terbentuk lembaga baru berdasarkan UU Migas baru yang kini masih dalam revisi di DPR RI. Pengamat Ekonomi Faisal Basri mengatakan,  badan usaha nantinya adalah yang memiliki lembaga keuangan, dan tidak berada di bawah naungan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Ini untuk mengelola potensi kekayaan negara, dan dimanfaatkan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Badan negara ini jangan di bawah ESDM, tapi di bawah UU sendiri seperti Pertamina, tapi Pertamina nggak bisa karena dia operator," tegasnya seusai Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruang rapat Komisi VII DPR RI, Jakarta, Rabu (23/1/12).

Dengan dibentuknya lembaga baru nanti maka menurutnya akan terbentuk kemandirian dan kedaulatan energi. Tidak seperti kondisi saat ini dimana regulator dan policy maker menyatu sehingga menimbulkan penyalahgunaan kekuasaan.

"implikasinya abuse of power, kalau sekarang nyatu antara regulator dan policy maker.  Saya juga jadi gamang, tapi secara akal sehat kita tidak menerima, yang diminta apa yang dikasih apa, katanya efisiensi tapi melanggar konstitusi, jangan - jangan kita terbelenggu badan usaha," tuturnya.

Tidak hanya lembaga, ia pikir yang terpenting untuk mengelola kekayaan negara, juga demi menegakan keadilan antar generasi. Tapi harus ada alternatif energi, roadmap energi yang jelas dalam pelaksanaannya sehingga generasi mendatang juga bisa menikmati.

"Bagaimana kembangan energi mix terbarukan, sekarang kan ada energi policy tapi dana nggak didorong, bikin kilang dong, jangan impor terus, roadmap energi harus jelas," tutupnya.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU