Stop Ekspor Gas, Investor Asing Dipastikan Distrust Pada Ri
Ilustrasi (Istimewa)
Ada salah satu menteri yang hadir, bilang ke saya. Jangan distop Pak ekspor gas ke negara saya. Kalau distop negara kami bisa kacau, jadi yang dipermasalahkan mereka adalah menutup kran ekspor. Baik untuk gas maupun batubara - Jero Wacik

Jakarta, Seruu.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan dirinya telah didatangi beberapa pengusaha dan menteri dari beberapa negara seperti, Jepang, China, Korea, Amerika Serikat dan Eropa yang mengkhawatirkan  Indonesia menghentikan ekspor gas dan batubara.

Wacik menilai ekspor gas ke luar negeri tidak perlu dihentikan karena justru akan membuat Indonesia tidak mendapatkan keuntungan apapun. Salah satu contohnya ia menceritakan seorang menteri dari dari salah satu negara yang ditemuinya dalam World Economic Forum, yang meminta secara langsung agar Indonesia tidak menghentikan ekspor gas.

"Ada salah satu menteri yang hadir, bilang ke saya. Jangan distop Pak ekspor gas ke negara saya. Kalau distop negara kami bisa kacau, jadi yang dipermasalahkan mereka adalah menutup kran ekspor. Baik untuk gas maupun batubara," kata Jero di Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini juga mengamini pernyataan Wacik tersebut. Ekspor gas tidak tidak mungkin dihentikan menurutnya, karena bisnis entitas itu tidak memenuhi kontrak. Ia berpandangan kontrak adalah sebuah trust atau kepercayaan yang bila dilanggar maka kepercayaan negara lain akan hilang.

" Yang tidak dipercaya bukan hanya industri migas, industri yang lain pun akan terganggu. Maka tidak boleh kita lakukan, kita punya bisnis etika yang berlaku seluruh dunia yang tidak mudah dilanggar atas nama nasionalisasi, kepemilikan sendiri. Memutus kontrak itu tidak baik, kita harus lakukan dengan kolaborasi dengan sisi baik diantara kita dengan yang lain saya rasa itu terbaik bagi bangsa," tandasnya.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU