Susilo: Disparitas BBM ke BBG Belum Tinggi
Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo di kantor KESDM, Kamis (31/1/2013) (Foto: Ain/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com – Seperti diungkapkan Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Umi Asngadah konversi BBM (bahan bakar minyak) ke BBG (bahan bakar gas) ditargetkan mulai aktif diimplementasikan tahun ini maksimal pada bulan Desember 2013. Namun sampai sekarang masih dilakukan revisi, karena anggarannya masih ditandai bintang (belum disetujui-red.), maka setelah dilakukan revisi Umi mengatakan secara paralel akan melelangkan kegitan-kegiatan pendukung konversi BBG.  

Ketika diupdate melalui Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo update progress program konversi tersebut, ia mngaku saat ini pemerintah tengah melakukan persiapan dengan dana yang diberikan pemerintah untuk membangun infrastruktur, pipa-pipa, hingga nanti gas yang berasal dari KKKS dialirkan ke SPBG. Susilo menyampaikan, ESDM akan menjalin kerjasama dengan industri.

“Kita sudah rencanakan 3 bulan ke depan mau ngapain, 6 bulan mau ngapain. Jangka pendek menyusun program, aktifkan SPBG yang ada make sure infrastruktur itu ada. Sekarang ada 7 sampai 9 SPBG tapi yang bisa dipakai cuma berapa,” kata Susilo ketika ditemui Seruu.com di kantor KESDM Jakarta, Kamis (31/1/2013) kemarin.

Dengan telah dituangkannya dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2013 ia maka menurutnya sudah ada target waktu kapan harus mulai ditenderkan, bahkan kini persiapan tersebut tengah dikebut agar tidak mengalami keterlambatan. Rencananya, bulan ini sudah ada jadwal merapatkan perkembangan persiapan konversi.

“Pokoknya kita realisasikan semua anggaran dan yang non bisa libatkan swasta dan industri termasuk Hiswana Migas, PGN, Pertagas. Sementara untuk bengkel-bengkel itu dengan groupnya Astra kita jalin kerjasama,” tuturnya.

Namun demikian, Wamen yang baru saja dilantik ini menjelaskan selama disparitas belum tinggi pemerintah hanya  memberikan insentif berupa kenyamanan kepada masyarakat, bahwa SPBG sudah banyak, gas ada dan ketika masyarakat sudah mulai convert maka semua lebih available karena dinilainya gas lebih aman danlebih efisien.

“Kita nggak bisa memaksa masyarakat nanti malah buat ngisi gas nggak ada, bukan dipastikan Desember tahun ini jalan tapi kita berusaha semaksimal mungkin, nanti tolong diingetin terus tiap bulan, jadi wartawan yang ngejar,” tandasnya.[Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU