BUMN Apresiasi 450 Guru dan Siswa Daerah Terpencil
Ilustrasi kegiatan belajar mengajar (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Bangsa yang maju adalah bangsa yang cerdas. Tingginya tingkat intelektualitas dan penggunaan internet berpengaruh secara signifikan terhadap kemajuan dan pertumbuhan ekonomi bangsa. Penggunaan internet di Indonesia termasuk lima terbesar di seluruh dunia, hal ini berarti Indonesia termasuk kategori negara yang memiliki potensi kemajuan yang sangat pesat di seluruh sektor kehidupan.


Di sisi lain, wilayah Indonesia yang bersifat kepulauan, menjadi tantangan tersendiri untuk senantiasa meminimalisir kesenjangan pendidikan dan kesadaran teknologi internet antara daerah perkotaan dengan wilayah terpencil. Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian BUMN mengajak beberapa BUMN untuk melaksanakan  program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Program Sinergi BUMN Peduli Pendidikan 2012, diberikan dalam bentuk pemberian Apresiasi Guru & Siswa Berprestasi.

Program Sinergi BUMN Peduli Pendidikan “Apresiasi Guru & Siswa Berprestasi dari Wilayah Terpencil, Perbatasan dan Pulau Terluar Indonesia” ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pertama tanggal 20 - 25 Desember 2012 diikuti 75 Peserta dari 5 Kabupaten yaitu : Kabupaten Tahuna, Kawio, Kawaluso, Talaud dan Lombok,  tahap kedua tanggal 4 – 8 Februari 2013 dengan 150 Peserta dari 10 Kabupaten yaitu Manokwari, Sukamar, Belitung, Timur Tengah Utara, Natuna, Sorong, Sanggau, Bengkayang, Muna dan Tarakan. Tahap ketiga ditargetkan selesai pada bulan Maret 2013.

Program ini diikuti sebanyak 450 Guru dan Siswa yang berasal dari 30 Kabupaten Terpencil, Perbatasan dan Pulau Terluar di Indonesia terdiri dari masing-masing 15 Peserta (2 Siswa SD, 3 Siswa SMP, 2 Siswa SMU Berprestasi dan 8 Orang Guru Berdedikasi) per lokasi.

Seluruh Peserta Program tersebut akan mendapatkan penghargaan dari BUMN berupa Piagam dari Menteri BUMN, satu perangkat gadget sebagai sarana interaksi online dengan internet, peningkatan kompetensi IPTEK melalui Training TIK, studi banding mengenai implementasi Sekolah Percontohan, kunjungan ke Museum IPTEK, dan mengikuti serangkaian kegiatan wisata budaya seperti ke TMII dan Taman Impian Jaya Ancol.

Acara yang sangat berkesan bagi Para Guru & Siswa Berprestasi adalah senam bersama yang kemudian dilanjutkan dengan dialog interaktif Menteri BUMN, Dahlan Iskan di kantor Kementrian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan Lantai 21. Selama dialog interaktif, peserta sangat antusias dalam menyampaikan kesan dan pesan serta berbagai pertanyaan kepada Menteri BUMN.

Perusahaan Gas Negara (PGN) selaku Koordinator bersinergi dengan 23 BUMN lainnya pada Program BUMN Peduli Pendidikan yang dalam pelaksanaan kegiatannya bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia menyampaikan

“Kami berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan untuk mengeliminir kesenjangan, sehingga kemapanan teknologi & kecakapan internet dapat terus berkembang yang akhirnya akan berujung pada peningkatan kualitas sumber daya manusia” ungkap Hendi Prio Santoso, Direktur Utama PGN dalam pernyataan tertulisnya kepada Seruu.com, Kamis (7/2/2013).

BUMN yang turut berkontribusi dalam Program BUMN Peduli Pendidikan adalah PT Angkasa Pura II, PT Aneka Tambang, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, PT Garuda Indonesia, PT INTI, Jamsostek, Jasa Marga, Krakatau Steel, Kimia Farma, PT Pelabuhan Indonesia III, ASABRI, Pertamina, PT Perkebunan Nusantara 3, PT Perkebunan Nusantara 6, PT Perkebunan Nusantara XI, PT Pupuk Kujang, PT Pupuk Kaltim, PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), Petro Kimia Gresik, PT Telekomunikasi Indonesia dan PT Timah. [Ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU