Karen: Kita Berharap Kuartal I Bisa Naikkan LPG 12Kg Sekitar 10 %
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan (Tengah) berbicara saat Rapat Dengar Pendapat di Komisi VII DPR RI, Jakarta, Senin (11/2/2013) (Foto: Ain/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - PT Pertamina (Persero) berharap pada kuartal pertama bisa menaikkan harga liquefied petroleum gas (LPG) 12 kilogram (kg) yang hingga kini diakuinya masih menunggu keputusan pemerintah terutama Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Kenaikan harga ini dikatakan Direktur Utama PT Pertamina (Persero),
Karen Agustiawan,  harus segera dilakukan, dengan mengusulkan kenaikan dari filling dan distribusinya yang dibebankan pada masyarat. Usulan ini yang sudah dikirimkan kepada KESDM ini sayangnya hingga kini belum ada progres.

"Kenaikan tidak dari harga perkilo dari bahan pokoknya tapi at list filling dan distribusinya dibebankan pada masyarat,  kan selama ini filling dan distribusi masih dibebankan pada kami," jelasnya ketika ditemui seusai RDP di Komisi VII DPR RI, Jakarta, Senin (11/2/2013).

Karen menjelaskan, usulan kenaikan sekitar 10 persen ini segera bisa terealisasi pada kuartal pertama tahun 2013 ini dan paling tidak pada akhir Februari KESDM sudah memberikan keputusan.

Diakuinya kenaikan tersebut hanya untuk mengurangi kerugian Pertamina saja, bukan semata-mata menaikkan harga dari LPG 12 kg. Maka demi meminimalis terjadinya gejolak, ia kini berupaya mengkomunikasikan usulan Pertamina tersebut dengan Kementerian BUMN juga Kementerian ESDM. Memang dari BUMN sendiri, sang Menteri Dahlan Iskan dikatakannya tengah menggodok usulan tersebut namun Kementerian ESDM belum ada tanggapan.

"Ini tentunya harus dibicarakan pada BUMN dan ESDM, kami nggak mau ada gejolak kami berharap kuartal pertama ini. Mungkin nggak sampai 10% kenaikannya untuk 12 kg, tapi ESDM belum berikan tanggapannya meski dari Dahlan sudah digodok," jelas Karen.

Sebelumnya, Pertamina mengklaim telah mengalami kerugian Rp 5 triliun dalam produksi dan LPG 12 kilogram untuk 2012. Dan ini yang menjadi alasan Pertamina harus menaikkan harga LPG 12 kg yang disubsidi lagi oleh Pertamina di tahun ini. [Ain]


 

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU