Petral Raih Posisi ke-6 Perusahaan Tersukses di Singapura
ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Petral, Pertamina Energy Service Pte Ltd (PES) meraih posisi ke-6 dalam The Ranking of Singapore’s Most Successful Corporations menurut lembaga ranking Singapura (DP Information Group), dari 1000 perusahaan terbesar yang beroperasi di Singapura. Beberapa perusahaan trading minyak dan produk turunannya, seperti Shell Eastern Trading, BP Singapore, Vitol Asia, Exxon Asia Pacific mendominasi posisi 5 besar.

Adapun Petral mengungguli peringkat Petrochina International, CS Caltex, SK Energy International, dan Sinochem International Oil (Singapore) yang masing-masing menduduki peringkat ke-7 hingga ke-10. Penghargaan tersebut diserahkan pada 1 Februari 2013 di Singapura.

Dalam kategori lain, Petral juga menyabet peringkat ke-41 ‘Fastest Growing – 50’, yaitu 50 perusahaan yang dinyatakan memiliki tingkat pertumbuhan penjualan minimal 10% per tahun dalam 3 tahun berturut-turut. Tingkat pertumbuhan penjualan Petral pada 2012 tercatat sebesar 60,5%.

“Pencapaian ini turut mendukung dipertahankannya status ‘Global Trader Programme (GTP)’ yang diberikan pemerintah Singapure kepada PES sehingga memperoleh insentif pajak penghasilan (Corporate Income Tax) hanya sebesar 5% dari tarif normal sebesar 17%,” tutur Managing Director Petral Bambang Irianto pada Selasa (12/2/2013).

Penghargaan ini tentunya tak lepas dari upaya Petral untuk secara berkesinambungan menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Govenrnance (GCG) sebagai budaya kerja perusahaan. Terhitung sejak 1 Juli 2012, Petral telah menggunakan Enterprise Resource Planning-MySAP sebagainplatform sistem trading dan proses pembukuan sehingga telah terintegrasi dengan platform system pada PT Pertamina (Persero). Sistem ini memberikan nilai lebih bagi Petral khususnya transparansi data, kemudahan proses pengecekan dan pengawasan disamping juga kecepatan penyajian data dan keselarasan data dengan Pertamina.

Selain itu, Beberapa bentuk komitmen penerapan GCG juga sudah dilakukan, seperti penandatanganan Pakta Integritas oleh Managing Direktor Petral di depan Direksi Pertamina yang dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh pekerja Petral/PES didepan BOD Petral/PES, penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara Managing Director/President Petral/PES, dan penerbitan buku panduan Code of Conduct & Business Ethics.

Untuk kemudahan akses informasi kepada publik sebagai salah satu bentuk transparansi, Petral telah memperbaharui situs resmi perusahaan. Masyarakat dapat mengakses informasi tentang Petral melalui http://www.pnatrade.com.sg.

 
Kontribusi Dividen

Sementara itu, berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Petral pada 18 Januari 2013, telah diputuskan untuk menyetorkan dividen sebesar US$22,81 juta atau setara dengan Rp220 miliar. Dividen tersebut merupakan 50% dari seluruh keuntungan Petral yang diraih pada 2012.

Laporan Keuangan Petral dan PES yang masing-masing diaudit oleh kantor akuntan public Ernst & Young Hong Kong dan Singapura mendapatkan status penilaian True and Fair (WAJAR) pada hari yang sama. “Penyelesaian Laporan Keuangan Audited 2012 dan pelaksanaan RUPS pada bulan Januari ini merupakan tonggak sejarah baru bagi Petral yang akan berusia 37 tahun pada Maret nanti karena Petral merupakan Anak Perusahaan Pertamina yang tercepat dalam penyelesaian Laporan Keuangan Auditednya dan melaksanakan RUPS." [ain]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU