Jateng-Kalteng Rintis PLTU Mulut Tambang
Kerjasama Energi Jateng - Kalteng. (Foto: Prayitno/Seruu.com)

Semarang, Seruu.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sepakat merintis pembangunan PLTU Mulut Tambang, dengan penyaluran jaringan listrik kabel bawah laut lintas Provinsi Jawa Tengah-Kalimantan Tengah. Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan MoU kedua belah pihak.

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH mengatakan bahan bakar untuk pembangkit tenaga uap yang paling murah adalah batubara. “Namun Jawa Tengah tak memilikinya sehingga selama ini harus mengandalkan pasokan dari luar daerah seperti Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Biaya transportasi yang dibutuhkan pun tinggi. Akibatnya harga listrik menjadi mahal,” kata Ganjar, Sabtu (13/9/2014).

Dengan kerja sama tersebut, Jawa Tengah akan langsung mendapat pasokan berupa listrik yang didistribusikan lewat kabel bawah laut. Lantaran didistribusikan dalam bentuk listrik, biaya yang dikeluarkan menjadi lebih murah. “Pemenuhan kebutuhan listrik untuk Jawa Tengah sekaligus dalam upaya mewujudkan kedaulatan energi. Apalagi pada 2017 Jawa Tengah diperkirakan mengalami krisis listrik,” kata Ganjar.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang menyambut baik kerja sama itu karena potensi batu bara yang dimiliki daerahnya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh daerah lain.

Agustin menjelaskan, potensi batubara di Kalimantan Tengah yang mencapai 5,6 miliar ton, sebanyak 60 persennya berkalori tinggi, sementara sisanya berkalori rendah. Batubara berkalori rendah harus bisa dimanfaatkan dengan baik agar turut memberikan nilai ekonomis.

Selain melakukan penandatanganan MoU rintisan pembangunan PLTU Mulut Tambang, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga menandatangani kerja sama perdagangan bidang pertanian, khususnya supply bawang merah Brebes ke Kalimantan Tengah. (Py)

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU