Sektor Energi Listrik Di KEK Palu Diminati Para Investor
kek-palu

Palu, Seruu.com - Para investor tertarik menanamkan modalnya di sektor pengelolaan air baku dan energi listrik di kawasan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Palu. Hal itu dituturkan oleh Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).
 


"Sekitar lima perusahaan berminat investasi pengelolaan air dan energi di KEK Palu. Mereka sudah terdaftar di Administrator KEK," kata Kepala Administrator KEK Palu Sudaryano Lamangkona, di Palu, Rabu (6/4/2016).

Sudaryano Lamangkona menyebutkan kebutuhan energi listrik di kawasan itu mencapai hingga 800 megawatt dan kebutuhan air baku mencapai 550 liter per detik. Sudaryano Lamangkona mengatakan dua di antara lima perusahaan tersebut adalah PT Energi Surya Sejati (ESS) dengan minat di suplai energi dan PT Tirta Lestari Raimond (TLR) berminat di pengelolaan sumber air baku. "Semuanya dalam proses," singkatnya.

Menurut Sudaryano Lamangkona, energi listrik yang dibutuhkan untuk seluruh kawasan KEK Palu mencapai 800 megawatt dengan estimasi terdapat perusahaan smelter. Namun jika tidak ada perusahaan smelter hanya membutuhkan sekitar 350 megawatt. "Berdasarkan hitungan kebutuhan energi, per satu hektare akan membutuhkan 1,5 megawatt. Itu nonsmelter," katanya.

Sementara kebutuhan air,  mencapai sekitar 550 liter per detik dengan estimasi sampai 2023. "Pemenuhan kebutuhannya kan bertahap. Perkiraan kita sampai 2023 sebanyak 550 liter per detik," pungkas Sudaryano Lamangkona. (Antara/rs)

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU