Joint Venture Pertamina dan Saudi Aramco Diharapkan Akhir Tahun
Pertamina

Jakarta, Seruu.com - PT Pertamina (Persero) berharap bisa melakukan Joint Venture (JV) dengan Saudi Aramco akhir tahun ini. Joint Venture tersebut sebagai tindak lanjut Refinery Development Master Plan (RDMP) Cilacap.

Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi mengaku terus melakukan diskusi dengan Saudi Aramco terkait pembangunan RDMP Cilacap tersebut. "Kami harapkan akhir tahun. Desember," kata Rachmad Hardadi di Jakarta, Senin (3/9/2016).

Rachmad Hardadi menjelaskan bahwa sesuai dengan permintaan Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Pandjaitan, Joint Venture cepat terbentuk. Oktober ini diharapkan dapat melakukan satu tahapan untuk mempercepat Joint Venture tersebut.

"Saya lihat sampai Desember. Kalau Oktober mungkin tahapan dulu," ujar Rachmad Hardadi.

Sementara itu, untuk kilang Balongan dan Dumai juga akan segera dijalankan. Namun, untuk mekanismenya tetap masih didiskusikan karena Saudia Aramco menginginkan pengerjaannya satu per satu. Sedangkan Pertamina menginginkan pengerjaannya berjalan paralel.

"Kami ingin Balongan dan Dumai segera dijalankan. Saudi Aramco ingin step by step. Pertamina ingin Cilacap jalan, tapi mungkin awal 2017 tahapan Dumai dan Balongan bisa berjalan," pungkas Rachmad Hardadi. (MTN/RS)
 

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU