Jokowi Resmikan 6 Infrastruktur Kelistrikan di Papua/Papua Barat
Presiden Joko Widodo.

Jayapura, Seruu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sesuai jadwal hari ini, Senin (17/10) meresmikan 6 infrastruktur kelistrikan yang ada di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, di Jayapura.

Keenam infrastruktur kelistrikan yang diresmikan itu adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Orya Genyem 2 x 10 MW,  Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Prafi, Manokwari 2 x 1,25 MW, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 Kilo Volt (KV) Genyem–Waena–Jayapura (sepanjang 174,6 km sirkit), SUTT 70 KV  Holtekamp–Jayapura (sepanjang 43,4 km sirkit), Gardu Induk Waena–Sentani 20 Mega Volt Ampere (MVA) dan Gardu Induk Jayapura 20 MVA.

Menurut Direktur Utama PT. PLN (Persero) Sofyan Basir, proyek-proyek infrastruktur kelistrikan yang baru diresmikan Presiden Jokowi itu adalah proyek yang sudah lama, bahkan ada yang pembangunannya sudah dimulai sejak 2008 yang lalu.

"Ini Gardu Induk pertama yang berhasil dibangun di Tanah Papua," kata Sofyan Basir seraya menjelaskan rasio elektrifikasi di Provinsi Papua masih 47 persen, sedangkan di Papua Barat 86 persen, namun pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan hingga 2019.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe sangat mengapresiasi peresmian keenam infrastruktur kelistrikan yang  langsung dilakukan oleh Presiden Jokowi.

"Ketersediaan energi listrik sangat strategis karena sangat berdampak pada perkembangan investasi daerah dan perekonomian masyarakat," ujar Lukas Enembe.

[hs]

Tags:

BAGIKAN


  • Rating artikel: (0 rates)
    Rating
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
    • star goldstar goldstar gold
    KOMENTAR SERUU